Kosakata dalam IT
NHKlangit11.blogspot.com
Tentu, berikut beberapa kosakata umum dalam dunia teknologi IT:
1. Server
Komputer yang menyediakan layanan atau sumber daya kepada jaringan komputer.
2. Sistem Operasi
Perangkat lunak yang mengendalikan operasi dasar komputer, seperti Windows, macOS, dan Linux.
3. Program Aplikasi
Perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas tertentu, seperti peramban web (browser) atau aplikasi pengolah kata.
4. Algoritma
Langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau tugas dalam pemrograman.
5. Database
Tempat penyimpanan data yang terstruktur.
6. Protokol
Aturan yang digunakan untuk komunikasi antar komputer dalam jaringan, seperti HTTP untuk internet.
7. Firewall
Perangkat keras atau perangkat lunak yang melindungi jaringan komputer dari ancaman luar.
8. Cloud Computing
Penyediaan layanan komputasi melalui internet, seperti AWS atau Microsoft Azure.
9. Cybersecurity
Praktik dan teknologi yang digunakan untuk melindungi sistem komputer dari serangan dan ancaman digital.
10. Artificial Intelligence (AI)
Kecerdasan buatan yang mencakup mesin belajar (machine learning) dan pemrosesan bahasa alami (natural language processing).
11. IoT (Internet of Things)
Konsep di mana objek fisik dapat terhubung ke internet untuk berkomunikasi dan bertukar data.
12. API (Application Programming Interface)
Antarmuka yang memungkinkan perangkat lunak untuk berkomunikasi satu sama lain.
13. Bug
Kesalahan atau masalah dalam perangkat lunak.
14. Encryption
Proses penyandian data untuk melindungi kerahasiaan informasi.
15. Open Source
Perangkat lunak yang kode sumbernya dapat diakses dan dimodifikasi oleh siapa pun.
16. Big Data
Data yang sangat besar dan kompleks yang memerlukan teknologi khusus untuk analisis.
17. Virtualization
Teknologi yang memungkinkan satu server fisik menjalankan beberapa sistem operasi virtual.
18. HTML (Hypertext Markup Language)
Bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web.
19. CSS (Cascading Style Sheets)
Bahasa yang digunakan untuk mengatur tampilan dan gaya halaman web.
20. JavaScript
Bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi web interaktif.
21. DNS (Domain Name System)
Sistem yang menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP.
22. Router
Perangkat yang mengarahkan lalu lintas jaringan antara berbagai perangkat.
23. LAN (Local Area Network)
Jaringan lokal yang menghubungkan perangkat dalam area terbatas.
24.WAN (Wide Area Network)
Jaringan yang menghubungkan perangkat dalam area yang lebih luas, seringkali melalui internet.
25. Backup
Salinan data yang dibuat untuk tujuan pemulihan jika data asli rusak atau hilang.
26. Metadata
Informasi yang memberikan konteks tentang data, seperti waktu pembuatan atau pemiliknya.
27. Hacker
Seseorang yang memiliki keterampilan dalam meretas atau mengamankan sistem komputer.
28. Phishing
Upaya menipu untuk memperoleh informasi pribadi dengan pura-pura menjadi entitas tepercaya.
29. BIOS (Basic Input/Output System)
Perangkat lunak dalam komputer yang menginisialisasi perangkat keras saat komputer dinyalakan.
30. CPU (Central Processing Unit)
Komponen inti komputer yang menjalankan instruksi dan pemrosesan data.
31. GPU (Graphics Processing Unit)
Komponen yang mengkhususkan diri dalam pemrosesan grafis dan cocok untuk tugas yang memerlukan perhitungan paralel.
32. RAM (Random Access Memory)
Memori yang digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh komputer.
33. URL (Uniform Resource Locator)
Alamat web yang digunakan untuk mengakses halaman atau sumber daya online.
34. HTML5
Versi terbaru dari HTML yang mendukung elemen-elemen dan fungsi yang lebih canggih dalam pengembangan web.
35. SaaS (Software as a Service)
Model bisnis perangkat lunak di mana perangkat lunak disediakan sebagai layanan melalui internet.
36. Firewall
Perlindungan jaringan yang mengontrol lalu lintas masuk dan keluar untuk keamanan.
37. ISP (Internet Service Provider)
Penyedia layanan internet yang memberikan akses ke internet kepada pelanggan.
38. LAN Cable (Kabel Jaringan)
Kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan lokal.
39. SSL (Secure Sockets Layer) / TLS (Transport Layer Security)
Protokol keamanan yang digunakan untuk mengenkripsi koneksi internet, terutama dalam transaksi keuangan online.
40. SQL (Structured Query Language)
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengelola database.
41. Bot
Program komputer yang dapat melakukan tugas otomatis, sering digunakan dalam chatbot atau web scraping.
42. Scalability
Kemampuan suatu sistem untuk berkembang atau mengecil sesuai dengan kebutuhan tanpa mengurangi kinerjanya.
43. Cache
Penyimpanan sementara yang digunakan untuk mengakses data dengan lebih cepat.
44. Virus
Program komputer yang merusak atau menginfeksi perangkat tanpa izin.
45. Algoritma
Serangkaian langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam pemrograman.
46. Docker
Platform yang digunakan untuk mengemas, mengirim, dan menjalankan aplikasi dalam wadah (container) yang terisolasi.
47. Agile Development
Pendekatan pengembangan perangkat lunak yang fokus pada fleksibilitas dan perubahan dalam siklus pengembangan.
48. Kernel
Inti dari sistem operasi yang mengelola sumber daya perangkat keras.
49. VoIP (Voice over IP)
Teknologi yang mengirim suara melalui jaringan internet.
50. IoC (Inversion of Control)
Prinsip desain perangkat lunak di mana kontrol aliran program diberikan ke komponen eksternal.
51. API Endpoint
Titik akhir yang digunakan untuk berkomunikasi dengan API, seperti URL tertentu dalam layanan web.
52. JPEG (Joint Photographic Experts Group)
Format file gambar yang umum digunakan untuk menyimpan gambar dengan kompresi.
53. AR (Augmented Reality)
Teknologi yang menggabungkan dunia fisik dan elemen-elemen digital.
54. VR (Virtual Reality)
Lingkungan simulasi yang dibuat oleh komputer yang menggantikan dunia nyata.
55. Scripting Language
Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu, seperti Python atau JavaScript.
56. Ethernet
Teknologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan lokal (LAN).
57. VoIP (Voice over IP)
Teknologi yang mengirimkan suara dan panggilan telepon melalui jaringan internet.
58. Metadata
Informasi tambahan yang memberikan konteks tentang data, seperti waktu pembuatan atau pemiliknya.
59. Blockchain
Sistem distribusi yang digunakan untuk mencatat transaksi dalam cryptocurrency seperti Bitcoin.
60. CMS (Content Management System)
Sistem yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan konten di situs web, seperti WordPress.
61. Back-End
Bagian dari perangkat lunak atau situs web yang berada di belakang layar dan mengatur logika dan pemrosesan data.
62. Front-End
Bagian dari perangkat lunak atau situs web yang berinteraksi langsung dengan pengguna dan mengatur tampilan.
63. Redundancy
Penyediaan salinan cadangan perangkat keras atau data untuk tujuan pemulihan jika terjadi kegagalan.
64. DNS Server
Server yang mengonversi nama domain ke alamat IP.
65. FTP (File Transfer Protocol)
Protokol yang digunakan untuk mentransfer file di internet.
66. IDE (Integrated Development Environment)
Lingkungan pengembangan perangkat lunak yang menyediakan alat untuk pemrograman.
67. Firmware
Perangkat lunak yang tertanam dalam perangkat keras, seperti BIOS pada komputer.
68. LAN Party
Kumpulan pemain yang menghubungkan komputer mereka dalam jaringan lokal untuk bermain game bersama.
69. Patch
Pembaruan perangkat lunak yang dirilis untuk memperbaiki kelemahan atau masalah.
70. URL Shortener
Layanan yang mengubah URL panjang menjadi lebih singkat, seperti bit.ly.
71. Repository (Repo)
Tempat penyimpanan pusat untuk kode sumber perangkat lunak, seperti GitHub.
72. CLI (Command Line Interface)
Antarmuka teks yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak melalui baris perintah.
73. LAN (Local Area Network)
Jaringan lokal yang menghubungkan perangkat dalam area terbatas, seperti di dalam satu gedung.
74. WAN (Wide Area Network)
Jaringan yang menghubungkan perangkat dalam area yang lebih luas, seringkali melalui internet.
75. Bug Bounty Program
Program yang memberikan penghargaan kepada peneliti keamanan yang menemukan kerentanan perangkat lunak.
Komentar
Posting Komentar